Widget HTML #1

Kateter Alat Kesehatan

Kateter Alat Kesehatan. Kateter Atau Catheter adalah sebuah tabung yang dimasukkan kedalam tubuh untuk mengeluarkan atau memasukkan cairan ke dalam rongga tubuh. Paling umum, kateter dimasukkan melalui uretra ke kandung kemih untuk mengalirkan urin. Ini digunakan sebagai alternatif buang air kecil untuk orang yang terbatasi di tempat tidur atau tidak mampu mengontrol buang air kecil. Bila tidak hati-hati, penggunaan jangka panjang kateter dapat menyebabkan infeksi saluran kemih. Kateter dapat memakai bahan karet, kaca, logam, atau plastik yang elastis. Awalnya Orang Yunani kuno memasukkan pipa logam berongga melalui saluran kencing kedalam kantong kemih untuk membuang dan pipa kemudian dikenal sebagai "katheter".

Kateter Dapat Juga Diartikan sebagai perangkat medis yang dapat dimasukkan ke dalam tubuh untuk mengobati penyakit atau melakukan prosedur pembedahan. kateter adalah suatu selang untuk memasukkan dan mengeluarkan cairan.Kateterisasi urinarius adalah memasukkan kateter melalui uretra ke dalam kandung kemih dengan tujuan untuk mengeluarkan urin.

Kateter Alat Kesehatan

Sejarah Penemuan Kateter 

Penemuan Amerika awal kateter fleksibel adalah selama abad ke-18. Memperluas cipta untuk masalah medis keluarganya,Benjamin Franklin menemukan kateter fleksibel pada 1752 ketika saudaranya John menderita kencing batu. Kateter Franklin terbuat dari logam dengan segmen berengsel bersama-sama dengan kawat tertutup untuk memberikan kekakuan selama penyisipan.

David S. Sheridan adalah penemu kateter sekali pakai modern di tahun 1940-an. Dalam hidupnya ia mulai dan dijual empat perusahaan kateter dan dijuluki sebagai "Raja Kateter" oleh Majalah Forbes pada tahun 1988 Dia juga dikreditkan dengan penemuan modern "sekali pakai" plastik tube endotrakeal sekarang digunakan secara rutin dalam operasi.

Pada awal 1900-an, seorang Walsh Dubliner bernama dan urinologist Skotlandia terkenal yang disebut Norman Gibbon bekerja sama untuk menciptakan kateter standar yang digunakan di rumah sakit hari ini. Dinamakan setelah dua pencipta, itu disebut kateter Gibbon-Walsh. The Gibbon dan kateter Walsh telah dijelaskan dan keuntungan mereka atas kateter lainnya ditampilkan. The Walsh kateter sangat berguna setelah prostatektomi untuk itu menguras kandung kemih tanpa infeksi atau retensi bekuan. 

Tujuan Pemasangan Kateter

  1. Mengatasi retensi urine.
  2. Mengukur jumlah produksi urine oleh ginjal secara akurat.
  3. Untuk memperoleh bahan urine steril.
  4. Mengukur jumlah residu dalam kandung kemih.
  5. Memperoleh bahan urin bila tidak dapat ditampung dengan cara yang lain : menampung urine agar tidak terkontaminasi pada wanita yang sedang menstruasi atau pada klien yang mengalami masalah inkontinensia urin.
  6. Mengosongkan kandung kemih sebelum dan selama operasi dan sebelum suatu pemeriksaan diagnostic.
  7. Membantu memenuhi kebutuhan pasien untuk mengosongkan kandung kemih, yang digunakan bila pasien mengalami sakit yang akut, sakit yang hebat atau terbatas pergerakan atau tidak sadar akan lingkungan.
  8. Menjaga agar kandung kemih tetap kosong dan penyembuhan luka pengobatan beberapa infeksi dan operasi suatu organ dari system urinarius dimana kandung kemih tidak boleh tegang sehingga menekan struktur yang lain.
  9. Menjaga agar pasien yang inkontinen tetap kering pada daerah perineum, agar kulit tetap utuh dan tidak infeksi.
  10. Membantu melatih kembali atau memulihkan pengendalian kandung kemih secara normal.