Widget HTML #1

Alat Pemadam Kebakaran

Alat Pemadam Kebakaran Bahaya Kebakaran adalah bencana api yang sangat berbahaya karena dapat menimbulkan kerusakan dan kerugian baik terhadap harta maupun jiwa manusia. Kebakaran bisa terjadi dilingkungan perumahan, pusat perbelanjaan, perkantoran, dan lain-lainnya. Oleh karna itu pengetahuan tentang alat-alat pemadam kebakaran perlu untk diketahui yang antara lain adalah :

Batang Pengait 

Digunakan untuk merobohkan bagian-bagian bangunan yang dekat dengan apai tetapi belum terbakar, dengan tujuan agar apai tidak menjalar lebih luas agi kebagian lain.

Tangga

Tangga Digunakan untu membantu merobohkan bagian bangunan yang tidak terjangkau oleh batang pengait.

Karung Yang telah Dibasahi

Untuk memadamkan api yang relative masih kecil bisa digunakan karung yan telah diasahi/dimasukan kedalam air, yakni dengan cara menutupkannya pada sumber-sumber api/bagan yang terbakar.

Pasir

Pasir digunakan untuk memadaman api yang relatif masih kecil, yakni dengan cara menuangkannya pada sumber api/bagian yang terbakar, sebagian tindakan pencegahan biasanya pasir dimasukan kedalam drum dengan volume kurang lebih 0,25 m3 dan ditempatka pada lokasi tertentu.

Hidran

Pada Daerah perkotaan atau instansi tertentu biasanya dipasang fasilitas hidran sumber airnya disuplay dari PDAM setempat atau sumber lainnya. Kondisi hidran biasanya diperiksa secara berkala baik keengkaan fasilitas maupn fungsinya, sehingga selalu ada dalam keadaan siap pakai jika sewaktu-waktu diperlukan. Hidran digunakan untuk memadamkan api yang telah membesar yakni dengan cara :
  1. Menyambungkan Pipa Airnya (Water Hose) dengan moncong hidran
  2. Membuka /memutar katup air (Water Valve) pada hidran
  3. Menyemburkan air pada bagian-bagian yang belum terbakar, untuk mencegah api supaya tidak meluas
  4. Menyemburkan air pada sumber api yang sedang berkobar

Tabung pemadam kebakaran (fire extinguisher)

Alat pemadam jenis ini biasanya dibuat dipabrik dalam bentuk tabung dari logam yang diisi dengan cairan kimia atau bubuk kimia kering. Kondisi tabung harus diperiksa secara berkala bahkan isinya harus diganti dalam batas waktu tertentu sesuai petunjuk pabrik yang membuatnya.

Alat Pemadam Kebakaran

Alat Biasanya ditempatkan diruang kantor atau dilorong-lorong dan digunakan untuk memadamkan sumber api yang masih kecil dengan cara seperti berikut :
  1. Melepas kunci pengaman pada bagian atas tabung
  2. Memegang alat dalam keadaan tegak
  3. Melepas Pipa Dan Penjepitnya (Clip
  4. Menekan Pengatup
  5. Mengarahkan moncong pipa ke sumber api dan menyemburkan secara merata

Alat Pemadam Api Ringan (PAR) harus ditempatkan sedemikian rupa sehingga mudah dilihat dan dicapai serta tidak terhalang untuk semua jenis PAR yang biasanya dikemas dalam bentuk tabung harus memenuhi syarat sebagai berikut :
  1. Tabung harus dalam keadaan baik 
  2. Etiket/Label mudah dibaca dengan jelas dan dapat dimengerti
  3. Sebelum digunakan segel harus dalam keadaan baik (Tidak Rusak)
  4. Selang harus tahan terhadap tekanan tinggi
  5. Bahan Baku Pemadam selalu dalam keadaan baik
  6. Isi tabung gas harus sesuai dengan tekanan yang diisyaratkan 
  7. Belum Kadaluarsa Pengunaannya
  8. Warna Tabung harus mudah dilihat (Merah, Hijau, Biru atau kuning).