Widget HTML #1

Kecanggihan Kapal Baruna Jaya IV

Kecanggihan Kapal Baruna Jaya IV milik Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) yang memiliki kemampuan untuk mencari kapal atau pesawat yang tenggelam di dasar laut. Kapal tersebut diklaim sebagai kapal yang dilengkapi teknologi yang sangat canggih. karena handal dalam melakukan pencarian sampai ke dasar laut. 

Seperti dilihat dari sejarah, Kapal Baruna Jaya IV pernah melakukan pencarian KM Gurita yang tenggelam di Sabang pada tahun 1996, menemukan Boeing 737 Adam Air yang tenggelam di Selat Makassar di tahun 2007 dan menemukan KM Bahuga Jaya di Selat Sunda pada tahun 2012. Kapal tersebut memiliki track record bagus.

Teknologi yang digunakan oleh kapal Baruna Jaya dilengkapi dengan fasilitas pendukung mutakhir seperti peralatan sensor Multi Beam Echo Sounder dan Side Scan Sonnar yang bekerja seperti radar untuk mendeteksi objek yang dilewati di dasar laut. Kelebihan Kapal ini adalah karna dilengkapi oleh instrumen-instrumen yang bisa menangkap tanda yang dikeluarkan dari pesawat bukan hanya di permukaan laut namun juga hingga ke dasar lautan.

Kecanggihan Kapal Baruna Jaya IV

Berikut adalah Kecanggihan Alat yang Digunakan Oleh kapal Baruna Jaya IV Milik BPPT seperti dikutip dari Detik.com adalah sebagai berikut ;
  1. Mampu Melakukan Pencarian pesawat yang jatuh di dasar laut Dengan menggunakan alat sensor khusus kapal andalan angkatan laut ini dapat mencari kapal dan pesawat hingga dasar laut. Kemampuan seperti ini diyakini tidak dimiliki kapal lainnya.
  2. Mempunyai Alat sensor khusus Dengan memiliki sensor khusus yang bisa digunakan mencari kapal atau pesawat yang jatuh ke dasar laut. Sensor khusus tersebut ialah sensor multi beam echo dan side scan sonnar.
  3. Mempunyai Dua Engine Diesel Dengan Memiliki dua engine diesel yang disambung kepada satu gandar yang menghasilkan 2,990 bhp secara berterusan dan mampu bergerak pada kelajuan 14 batu nautikal. Dipastikan kapal ini mampu bertahan dalam cuaca yang tidak baik.