Widget HTML #1

Fungsi Tamping Roller Alat Pemadatan

Fungsi Tamping Roller Alat Pemadatan. Yang disebut tamping roller adalah alat pemadatan yang berupa sheep's foot roller. Pemadat ini berfungsi memadatkan tanah lempung atau cam-puran pasir dan lempung. Alat ini tidak dipakai untuk memadatkan tanah dengan butir kasar, seperti pasir dan kerikil. Dalam pengoperasiannya, tamping roller ada yang dapat bergerak sendiri maupun ditarik oleh alat lain. Jenis alat pemadatan ini mempunyai roda baja yang pada permukaannya terdapat gigi-gigi. Setiap roller atau rodanya mempunyai lebar dan keliling yang bervariasi. Setiap unit alat pemadatan terdiri dari satu atau lebih roda.

Metode pemadatan yang digunakan oleh alat ini adalah kneading action atau peremasan. Dengan pemadatan metode ini permukaan tanah diharapkan dapat dilalui tanpa mengalami banyak hambatan. Saat material telah padat, kaki tidak masuk lagi ke dalam tanah. Jika kepadatan permukaan tanah tidak sesuai dengan apa yang ingin dicapai, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa alat yang digunakan terlalu berat atau alat tidak cocok untuk jenis material yang ada. Tamping roller baik digunakan untuk jenis tanah lempung berpasir dengan kedalaman efektif pemadatan sekitar 15 sampai 25 cm. Dalam pengoperasiannya, setiap pemadatan dilakukan secara overlap kurang lebih 30 cm.

Syarat pemadatan tanah dengan alat ini berdasarkan:
  1. Jumlah lintasan : setiap jenis lapisan memerlukan jumlah lintasan tertentu.
  2. Ketebalan lapisan : tidak akan melebihi kedalaman penetrasi kaki.
  3. Kerapatan lapisan : harus terpenuhi dan diuji di laboratorium.
Alat Pemadat ini dapat dimodifikasi menjadi :
  1. Mesh Grid Roller (Penggilas Tipe Anyaman).Penggilas ini kaki rodanya berupa anyaman, yang akan menghasilkan efek  pemadatan dari bawah. Sangat baik untuk memadatkan lapisan tanah ygkasar. Penambahan berat dapat mencapai 10 ton.
  2. Segment Roller (Penggilas Tipe Lempengan).Mesin penggilas ini berkaki roda lempengan (segmen atau bantalan ) yang bersusun-susun. Kaki roda ini akan memberikan efek pemadatan dari bawah walaupun kaki roda tidak masuk terlalu dalam. Alat ini sanggup menekan keluar kelebihan air yang terdapat pada lapisan tanah sehingga pemadatan dapat dilaksanakan dengan baik.