Widget HTML #1

Fungsi Termometer dan jenisnya

Fungsi Termometer dan jenisnya. Pembuatan termometer pertama kali dipelopori oleh Galileo Galilei (1564 –1642) pada tahun 1595. Alat ini disebut dengan termoskop yang berbentuk labu kosong yang dilengkapi pipa panjang dengan ujung pipa terbuka.

Temometer merupakan suatu benda dan alat yang digunakan untuk mengukur suhu. Dalam kehidupan sehari-hari masyarakat untuk mengukur suhu cenderung menggunakan indera peraba. Tetapi dengan adanya perkembangan teknologi maka diciptakanlah termometer untuk mengukur suhu dengan valid. Pada abad 17 terdapat 30 jenis skala yang membuat para ilmuan kebingungan. Hal ini memberikan inspirasi pada Anders Celcius (1701 – 1744) sehingga pada tahun 1742 diperkenalkanlah skala yang digunakan sebagai pedoman pengukuran suhu. Skala ini diberinama sesuai dengan namanya yaitu Skala Celcius. Apabila benda didinginkan terus maka suhunya akan semakin dingin dan partikelnya akan berhenti bergerak, kondisi ini disebut kondisi nol mutlak.

Fungsi Termometer dan jenisnya

Jadi dapat disimpulkan bahwa Termometer adalah alat yang digunakan untuk mengukur suhu (temperatur), ataupun perubahan suhu. Istilah termometer berasal dari bahasa Latin thermo yang berarti panas dan meter yang berarti untuk mengukur.

Jenis-Jenis Termometer
  1. Termometer raksa
  2. Termokopel
  3. Termometer inframerah
  4. Termometer Galileo
  5. Termistor
  6. Termometer bimetal mekanik
  7. Sensor suhu bandgap silikon
  8. merkuri termo
  9. Termometer alkohol
  10. Termometer badan
  11. termometer laboratorium
Termometer yang umum digunakan terdapat bahan cair yang antara lain adalah air raksa dan alkhohol. Prinsip yang digunakan adalah pemuaian zat cair ketika terjadi peningkatan suhu benda. 

Keunggulan Air Raksa Dalam termometer 
  1. Air raksa penghantar panas yang baik
  2. Pemuaiannya teratur
  3. Titik didihnya tinggi
  4. Warnanya mengkilap
  5. Tidak membasahi dinding
Keunggulan Alkohol Dalam termometer 
  1. Titik bekunya rendah
  2. Harganya murah
  3. Pemuaiannya 6 kali lebih besar dari pada raksa sehingga pengukuran mudah diamati.
Sumber :
http://id.wikipedia.org/wiki/Termometer