Widget HTML #1

Fungsi Handscoon/Sarung Tangan Alat Kesehatan

Fungsi Handscoon/Sarung Tangan Alat Kesehatan. Handscoon adalah sarung tangan yang biasa di pakai oleh tenaga medis agar terhindar dari droplet pasien. Tujuan Penggunaan Handscoon adalah untuk mencegah terjadinya infeksi silang serta mencegah terjadinya penularan kuman.

Tindakan ini sangat diperlukan karena penggunaan sarung tangan adalah salah satu cara untuk mengurangi risiko transmisi patogen yang dapat ditularkan melalui darah. Dengan menggunakan sarung tangan akan melindungi pemakai sarung tangan dari risiko tersebut. Penggunaan tersebut juga diperlukan untuk prosedur diagnostik atau terpautik.

Fungsi Handscoon/Sarung Tangan Alat Kesehatan

Dalam metode penggunaan sarung tangan terdapat dua cara, yaitu steril dan tidak steril. Sarung tangan steril dipakai bila prosedur steril (misal, mengganti balutan dan memasang kateter), sedangkan sarung tangan tidak steril digunakan apabila prosedur tidak steril.

Cara Pemakaian Handscoon / Sarung Tangan
Sebelum Menggunakan Handscoon terlebih dahulu Lepaskan jam tangan, cincin dan lengan pakaian panjang di tarik ke atas kemudian cuci tangan dengan air bersih, mengalir, sabun cair bisa juga sabun batangan, kemudian lap tangan anda dengan handuk yang bersih.

Setelah langkah diatas telah dilaksanakan kemudian lakukan langkah berikutnya untuk pemakaian Handscoon
  1. Ambillah handscoon yang masih dalam kemasaan, kemudian buka kemasan bagian atas nya saja. dan letakkan di tempat yang datar dan bersih.
  2. Cuci tangan dengan menggunakan 7 langkah 
  3. Keluarkan handscoon dari kemasan nya  tempat kan pada tempat yang datar dan bersih , kemudian buka kemasan nya, dan sentuh bagian kemasan hanya bagian yang luar ,usahakan pada bagian dalam jangan disentuh kemudian pastikan handscoon untuk tangan kiri berada di kiri, .dan untuk tangan kanan berada di kanan, 
  4. Memakai handscoon pakai untuk tangan yang lebih dominan terlebih dahulu pada orang yang bukan kidal tangan dominan nya adalah tangan kanan. jepit handscoon untuk tangan kanan menggunakan tangan kiri ,setelah itu pakai kan handscoon ke tangan kanan, hindari dari alat/benda yang mungkin dapat tersentuh usahakan tetap steril.
  5. Setelah langkah diatas selesai kemudian pakai untuk tangan kiri cara pemakaiannya terdiri dari 2 cara pertama dengan cara pake tiga jari untuk menyentuh bagian dalam manset, tekan sedikit jari kelinking nya pake jempol tangan kedua pake empat jari dengan syarat jempol nya di arah kan ke arah luar cara ini di lakukan agar tangan yang udah memakai sarung tangan medis tidak menyentuh bagian sarung tangan luar agar tetap sterill
  6. Jika Semua Langkah Diatas selesai lakukan Pemakaiannya dengan hati-hati
Setelah Handscoon selesai digunakan berikut adalah cara melepasakannya
  1. Usahakan lepas Handscoon di atas larutan klorin 
  2. Jepit pada bagian luar nya dengan tangan kiri kemudian simpan sarung tangan yang telah di gunakan dalam keadaan terbalik untuk yang kanan dan kiri.