Widget HTML #1

Fungsi Mainboard atau Motherboard pada komputer

Fungsi Mainboard atau Motherboard pada komputer. Motherboard merupakan bagian komputer yang paling utama karena berisi sistem BIOS (Basic input output system) , pengatur koneksi input-output(chipset), soket prosessor, soket memory (RAM), soket kartu grafis (VGA card) dan soket kartu tambahan (additional cards seperti PCI, ISA).

Didalam Motherboard semua komponen PC anda akan disatukan. Bentuk motherboard seperti sebuah papan sirkuit elektronik. yang merupakan tempat keluar masuknya data. Motherboard sangat berguna bagi suatu perangkat elektronik terutama pada komputer sebab memiliki jalur elektronik yang dapat menghubungkan berbagai perangkat didalamnya menjadi saling terhubung. Dengan terhubungnya antara perangkat yang satu dengan perangkat yang lain tersebut maka sebuah komputer akan berjalan dengan lancar dan normal. serta memiliki kemampuan untuk mengatur pemberian tenaga berupa listrik pada komponen yang ada pada komputer. Motherboard digunakan pula mengatur semua proses , mulai dari menyimpan sebuah data seperti halnya Hardisk , CD-ROM , mouse , printer , keyboard.

Fungsi Mainboard atau Motherboard pada komputer

Maka fungsi dari motherboard adalah sebagai pengendali pada sebuah perangkat elektronik seperti pada komputer. Yang perlu diperhatikan dalam memilih motherboard adalah jenis soket prosessor, Frekuensi BUS, Jumlah soket SATA dan PCI, Jumlah soket RAM dan yang paling penting adalah reputasi dan kehandalan dari sebuah merk.

Komponen-komponen motherboard
  1. Konektor Power (Pin Penghubung Antara motherboard dengan Power Supply)
  2. Socket atau Slot Prosesor
  3. North bridge controller
  4. Socket Memori
  5. Konektor Floppy dan IDE (penghubung antara motherboard dengan piranti simpan computer)
  6. AGP 4X slot (Slot port penyelerasi gambar)
  7. South bridge controller
  8. Standby Power LED
  9. PCI slots
  10. PS/2 Mouse Port
  11. Port Paralel dan Serial
  12. RJ-45 Port
  13. Line in jack
  14. Line out jack
  15. Microphone jack
  16. USB 2.0 port 1 dan port 2
  17. USB 2.0 port 3 dan port 4
  18. Video Graphics Adapter Port
  19. Konektor keyboard
  20. Baterai CMOS

Sumber :
https://id.wikipedia.org/wiki/Papan_induk