Widget HTML #1

Fungsi Prosessor

Fungsi Prosessor. Processor adalah merupakan sebuah alat yang letaknya menempel pada motherboard yang terletak pada socket yang telah disediakan oleh motherboard. Prosessor biasa juga disebut sebagai otak sentral dari sebuah komputer. 

Prosessor mengerjakan semua perintah yang sudah terprogram dan disimpan dalam harddisk. pada prosessor dikenal istilah frekuensi clock, yaitu kecepatan sebuah prosessor untuk mengerjakan perintah program dalam satu detik. Satuan frekuensi Clock dinyatakan dalam Herts (Hz).

Processor dapat  mengontrol keseluruhan jalannya sebuah sistem komputer dan digunakan sebagai pusat atau otak dari komputer yang berfungsi untuk melakukan perhitungan dan menjalankan tugas. Prosessor dapat diganti dengan processor yang lain asalkan sesuai dengan socket yang ada pada motherboard. Jenis dan Besarnya Kapasitas sebuah prosessor dapat mempengaruhi kecepatan komputer.

Fungsi Prosessor

Prosesor merupakan sebuah chip yang biasa disebut “Microprosessor” dimana sekarang ukurannya sudah mencapai Gigahertz (GHz). Ukuran tersebut adalah hitungan kecepatan prosesor dalam mengolah data atau informasi.

Prosesor terbagi menjadi 3 bagian antara lain adalah :

  1. Control Unit (CU). Perpindahan data dari memori utama dieksekusi di bagian CU ini. Dan kemudian dikirim kembali hasilnya ke memori utama. Setelah itu di monitor akan menampilkan hasil outputnya yang telah menjadi sebuah informasi atau akan langsung menyimpannya di hardisk
  2. Arithmatic and Logical Unit (ALU). Perhitungan matematika / aritmatika  semuanya dilakukan pada Bagian ALU ini, tanpa terkecuali. Selain itu, apabila program / software yang sedang kita gunakan mengalami masalah maka akan ada Informasi Peringatan Kesalahan (Error Warning) yang tampil di monitor, yang kesemuanya itu dilakukan di bagian ALU ini. Intinya, bagian ALU ini merupakan bagian Logika (pengambil keputusan).
  3. 3. Registry (Register). Register merupakan tempat berkumpulnya data-data yang akan diproses satu persatu, sebelum data tersebut masuk ke memori utama. Walaupun bagian ini merupakan media penyimpanan kecil namun memiliki kecepatan akses tinggi.
  4. Pada Prosessor  terdapat perbedaan letak kaki socket pada seri prosessor soket 478 (pentium 4) dan pada prosessor soket LGA 775. Prosessor soket LGA 775 terdapat pada dudukan di mainboardnya.