Widget HTML #1

Alat Musik Tradisional Tifa Khas Maluku Dan Papua

Alat Musik Tradisional Tifa Khas Maluku Dan Papua. Tifa merupakan alat musik yang berasal dari Indonesia bagian Timur, khususnya Maluku dan Papua. Di Maluku Tifa memiliki nama lain, seperti tahito atau tihal yang digunakan di wilayah-wilayah Maluku Tengah. Sedangkan, di pulau Aru, tifa memiliki nama lain yaitu titir. bentuknya seperti drum dengan tongkat seperti yang digunakan di Masjid . Badan kerangkanya terbuat dari kayu dilapisi rotan sebagai pengikatnya dan bentuknya berbeda-beda berdasarkan daerah asalnya.


Alat Musik Tradisional Tifa Khas Maluku Dan Papua


Tifa mirip dengan alat musik gendang yang dimainkan dengan cara dipukul. Alat musik ini terbuat dari sebatang kayu yang tengahnya dilubangi dan pada salah satu sisi ujungnya ditutupi, dan biasanya penutupnya digunakan kulit rusa yang telah dikeringkan untuk menghasilkan suara yang bagus dan indah. Bentuknyapun biasanya dibuat dengan ukiran. 

Jenis alat musik Tifa 

  1. Tifa Jekir, 
  2. Tifa Dasar, 
  3. Tifa Potong, 
  4. Tifa Jekir Potong 
  5. Tifa Bas.

Cara Pembuatan Alat Musik Tradisional Tifa

Tifa dibuat dari sebatang kayu yang pada bagian tengahnya dilubangi. Dalam proses pemasangan kulit pada salah satu sisi yang di lubangi yaitu dengan tali pengikat yang dipasang untuk mengencangkan ujung Tifa. Biasanya Biji damar ditempelkan di kulit gendang agar suaranya makin nyaring. Setelah selesai berikut Proses penyetelan tifa yaitu dengan cara dipanaskan dengan menggunakan nyala api atau bantuan sinar mata hari kemudian lakukan penabuhan secara berulang-ulang hingga terdengar suara tabuhan Tifa yang merdu atau nyaring.


Fungsi Alat Musik Tradisional Tifa

Tifa dimainkan oleh masyarakat dalam mengiringi upacara adat, pengiring tarian tradisional, atau pengiring lagu. Untuk mengiringi acara tersebut biasanya jenis Tifa yang digunakan disesuaikan dengan kebutuhan, terutama saat mengiringi tarian tradisional. Karena dalam tarian tradisional jenis musik sangat mempengaruhi gerak dan penampilan tarinya.

Sumber:
wikipedia.org