Widget HTML #1

Fungsi Alat concrete mixer truck

Fungsi Alat concrete mixer truck. Alat ini dipakai untuk mengubah batuan dan mineral alam menjadi suatu bentuk dan ukuran yang diinginkan. Hasil dari alat ini misalnya adalah batuan bergradasi, semen, beton, dan aspal. Yang termasuk didalam alat ini adalah crusher dan concrete mixer truck. Alat yang dapat mencampur material-material di atas juga dikategorikan ke dalam alat pemroses material seperti concretebatch plant dan asphalt mixing plant.

concrete mixer truck adalah merupakan kendaraan yang digunakan untuk mengangkut adukan beton ready mix dari tempat pencampuran beton kelokasi proyek dimana selama dalam pengangkutan mixer terus berputar dengan kecepatan 8-12 putaran permenit agar beton tetap homogen serta tidak mengeras.

Fungsi Alat concrete mixer truck

Fungsi Alat concrete mixer truck

Truk khusus yang dilengkapi dengan concrete mixer berfungsi untuk mengaduk/mencampur campuran beton ready mix yang cara kerjanya mirip dengan molen.

Prinsip Kerja concrete mixer truck

Dalam drum terdapat bilah-bilah baja, ketika dalam perjalanan menuju lokasi proyek, drum ini berputar perlahan yang berlawanan dengan arah jarum jam sehingga adukan mengarah kedalam. Perputaran didalam bertujuan agar tidak terjadi pergeseran ataupun pemisahan agregat sehingga adukan tetap homogen. Dengan demikian mutu beton akan selalu terjaga sesuai dengan kebutuhan rencana.

Apabila sampai pada lokasi pekerjaan dan pengecoran berlangsung. Kemudian arah putaran drum dibalikan searah dengan arah jarum jam dan kecepatan putaran diperbesar sehingga adukan beton keluar. Proses pengiriman beton ready mix diatur dengan memperhatikan jarak, kondisi lalu lintas, cuaca dan suhu sebab dapat mempengaruhi waktu dalam pelaksanaan pekerjaan pengecoran.

Dikutip dari berbagai sumber