Widget HTML #1

Fungsi Alat Colonoscopy

Fungsi Alat Colonoscopy. Alat kedokteran ini berfungsi untuk mengetahui kondisi saluran pencernaan bagian bawah. Colonoscopy merupakan tabung, empat kaki panjang yang fleksibel tentang ketebalan jari dengan kamera dan sumber cahaya di ujungnya.

Fungsi Alat Colonoscopy

Fungsi Alat Colonoscopy

Colonoscopy merupakan alatkedokteran dengan teknologi terbaik untuk memastikan jika pertumbuhan kanker ata u prakanker yang disebut polip terdapat di dalam usus besar.

Tujuan pemeriksaan colonoscopy

  1. Untuk menilai adanya lesi pada usus besar, seperti : tumor, massa, polip, inflamasi jaringan, serta mendeteksi adanya perdarahan pada usus bagian bawah, atau diverticulitis.
  2. Dapat digunakan sebagai pengobatan perdarah usus dan striktura.
  3. Untuk mendapatkan bahan pemeriksaan biopsy jaringan atau polip sebagai screening dan tindak lanjut pada klien dengan risiko tinggi kanker kolon.
  4. Untuk mengangkat polip.

Cara Kerja Alat Colonoscopy

Cara Kerja alat ini dimulai dengan pemeriksaan dubur, kemudian Sebuah pipa panjang dan tipis yang disebut kolonoskop dimasukkan ke dalam usus melalui anus. Alat tersebut dilengkapi dengan kamera kecil di bagian ujungnya yang berfungsi untuk menampilkan kondisi usus besar, polip atau pertumbuhan lainnya. Dan untuk memastikan kamera tersebut dapat dengan jelas menampilkan gambar usus besar. maka pasien dilarang makan makanan padat sehari sebelum dan di hari Colonoscopy dilakukan.

Dikutip dari berbagai sumber