Widget HTML #1

Fungsi Alat Berat Three Wheel Roller

Fungsi Alat Berat Three Wheel Roller. Alat berikut ini adalah merupakan salah satu alat berat yang berfungsi untuk melakukan pekerjaan pemadatan tanah. Nah untuk lebih jelasnya tentang apa itu Three Wheel Roller berikut adalah penjelasannya.

Fungsi Alat Berat Three Wheel Roller


Alat berat Three Wheel Roller (Penggilas roda tiga )atau biasa juga disebut dengan Macadam Roller, adalah merupakan alat penggilas yang tertua dan sampai sekarang masih digunakan dalam melaksanakan pekerjaan-pekerjaan pemampatan. 

Fungsi Alat Berat Three Wheel Roller

Alat Berat Three wheel roller ini biasa digunakan untuk memadatkan lapisan - lapisan yang terdiri dari bahan bahan yang berbutir kasar, misalnya untuk  pembuatan jalan macadam.

Three wheel roller mempunyai berat antara 6-12 ton, apabila diinginkan untuk pemadatan yang besar, roda silindernya dapat diisi dengan zat cair (minyak atau air) atau dapat juga diisi pasir. Usaha penambahan berat dengan zat cair atau pasir dapat meningkatkan berat alat 15% sampai 35%.

Struktur Three Wheel Roller

Three wheel roller ialah alat berat yang paling sederhana strukturnya, yaitu terdiri dari :
1. Mesin penggerak (engine)
2. Badan
3. Roda (Wheel)

Penjelasan :

1. Mesin penggerak, berupa mesin diesel dengan tenaga dari 40 hp-100 hp. Tenaga mesin ini melalui berbagai komponen mekanis ke roda belakang, sehingga menghasilkan tenaga dorong. Mesin disini tidak perlu memasok tenaga kepada pompa hidrolik, karena pompa tersebut tidak dibutuhkan disini.

2. Badan pada alat berat ini memerlukan bobot yang besar karena sebagai bagian yang menekan material yang digilasnya agar menjadi padat. Akibat positif dari hal di atas, maka tata letak mesin dan komponen-komponen lainnya tidak perlu kompak, ruang untuk penempatannya masih longgar, banyak ruang tersedia untuk ditempati.

3. Roda. Roda ini berbentuk silinder dari plat baja dengan diameter dari 1 m -1,5 m lebar 1,5 m-2m. Roda depan dihubungkan dengan badan (frame) melalui garpu, sebagaimana garpu roda depan sepeda. Garpu belakang terletak dikiri kanan badan sebagaimana roda pada mobil, melalui final drive dapat diputarkan oleh mesin, sehingga alat berat ini bergerak maju. Gerak mundur juga dapat dilakukan dengan mendorong tongkat perseneling ke reverse.

Penggunaan Three Wheel Roller

Roller ini banyak dioperasikan pada pekerjaan pemadatan sub base atau kadang-kadang pada finishing dengan hot mix. Kadang-kadang three wheel roller ini dioperasikan untuk pemadatan sub grade, badan jalan tanah, tapi sebenarnya tidak efisien. Mungkin hal ini terpaksa dilakukan karena tidak ada lagi roller tersedia untuk pekerjaan tersebut. Pada pekerjaan pemadatan batu pecah (split) untuk sub base, roller beroperasi maju-mundur, dari lajur sisi ke ke arah tengah, agar batu-batu tersebut tidak berhamburan keluar badan jalan, begitu pula pada operasi finishing menggilas hot mix. 

Pada operasi di jalan yang menanjak, kadang-kadang dibutuhkan roller bergerak mundur kearah tanjakan, terutama waktu finishing. Hal ini diperlukan agar tidak terjadi slip pada roda depan. Bila gerakan menanjak tidak mundur, akan ada kemungkinan roda depan slip, menggelusur sehingga akan merusak hamparan hot mix. Untuk awetnya pengoperasian roller ini, maka sebelum dioperasikan, perlu diperiksa dulu, pemeriksaan harian oleh operator. Jagalah kebersihan bahan bakar, filter udara dan solar perlu diganti pada waktunya. Jangan lupa pemanasan sebelum alat beroperasi dan pendinginan sebelum operasi itu berakhir.

Dikutip dari berbagai sumber