Widget HTML #1

Fungsi Gelas Kimia (beaker glass)

Fungsi Gelas Kimia (beaker glass). Apa itu Gelas Kimia...? Gelas kimia adalah merupakan tempat untuk melarutkan zat yang tidak butuh ketelitian tinggi, contohnya pereaksi/reagen untuk analisis kimia kualitatif atau untuk pembuatan larutan standar sekunder pada analisis titrimetri/volumetri. Terdapat berbagai ukuran mulai dari 25 mL sampai 5 Liter. 

Fungsi Gelas Kimia (beaker glass)


Fungsi Gelas Kimia

  1. Untuk mengukur volume larutan yang tidak memerlukan tingkat ketelitian yang tinggi
  2. Menampung zat kimia
  3. Digunakan sebagai wadah untuk menyimpan serta membuat larutan.
  4. Digunakan sebagai wadah untuk memanaskan bahan di atas hot plate, ini hanya untuk gelas kimia yang terbuat dari bahan kaca borosilat.

Macam-Macam Gelas Kimia

  1. Gelas Kimia Griffin /A. Gelas beaker Griffin mrupakan model beaker gelas yang kerap di jumpai di laboratorium. Gelas griffin berbentuk standar yaitu agak rendah dengan tinggi 1,4 kali diameter, dan dilengkapi dengan paruh serta moncong yang berfungsi sebagai corong. Alasan mengapa gelas ini disebut gelas griffin sebab gelas ini di desain oleh John Joseph Griffin .
  2. Gelas Kimia Berzelius / B. Bentuk gelas kimia Berselius lebih ramping serta tinggi dengan ukuran tinggi sekitar 2 kali diameternya. Beaker gelas tipe berzelius ini dapat di pakai untuk titrasi. Alasan mengapa gelas ini disebut gelas berzelius sebab di desain oleh Jöns Jacob Berzelius.
  3. Gelas Kimia datar (flat beaker glass) / C. Gelas kimia datar disebut pula sebagai crystallizers, sebagian besar gelas ini dipakai untuk melakukan kristalisasi , namun bisa pula dipakai sebagai wadah untuk dipakai dalam hot- bath pemanasan . Gelas ini tak mempunyai skala datar.


Sumber
https://id.wikipedia.org/wiki/Gelas_kimia
https://news.ralali.com/apa-saja-jenis-dan-fungsi-gelas-kimia/