Widget HTML #1

Fungsi Pipet Volum/ Gondok (Volume pipette)

Fungsi Pipet Volum/ Gondok (Volume pipette). Pipet biasa digunakan dalam pengujian-pengujian biologi molekular, kimia analitik, juga kedokteran. Pipet dibuat dalam berbagai macam jenis untuk tujuan yang berbeda-beda dengan tingkat ketelitian dan ketepatan yang berbeda-beda pula.

Fungsi Pipet Volum/ Gondok (Volume pipette)


Pipet volume atau biasa disebut juga pipet gondok merupakan salah satu alat ukur yang biasa dilakukan pada laboratorium kimia dengan tingkat ketelitian tinggi, ditandai dengan bentuknya yang ramping pada penunjuk volume dan hanya ada satu ukuran volume. Berikut adalah penjelasan Fungsi Pipet Volum.

Fungsi Pipet Pipet Volum/ Gondok (Volume pipette)

Pipet volume digunakan untuk memindahkan cairan dari satu wadah ke wadah yang lain, biasanya untuk memindahkan larutan baku primer atau sample pada proses titrasi. Pemindahan cairan dapat dilakukan secara manual dengan disedot menggunakan mulut atau menggunakan piller.

Kelebihan dari alat ini terdapat tabung silinder di antara ujung pipa kaca bagian atas dan bawah, berfungsi sebagai wadah untuk menampung cairan. Sedangkan Kekurangannya adalah penggunaannya sedikit sulit karena dalam pengambilan larutan harus menggunakan bantuan bulp atau pipet pump untuk menyedot larutan yang berbahaya.