Widget HTML #1

Fungsi Tabung Reaksi, Bentuk dan cara Menggunakannya

Fungsi Tabung Reaksi, Bentuk dan cara Menggunakannya. Tabung reaksi berupa tabung yang kadang dilengkapi dengan tutup. Terbuat dari kaca borosilikat tahan panas, terdiri dari berbagai ukuran. Secara umum Tabung reaksi, adalah merupakan peralatan gelas yang umum ada di laboratorium berbentuk tabung sebesar kira-kira jari tangan manusia dewasa, terbuat dari kaca atau plastik, terbuka di bagian atasnya, biasanya alasnya berbentuk huruf-U.

Fungsi Tabung Reaksi, Bentuk dan cara Menggunakannya


Fungsi Tabung Reaksi

  1. Sebagai tempat untuk mereaksikan bahan kimia
  2. Untuk melakukan reaksi kimia dalam skala kecil
  3. Sebagai tempat perkembangbiakan mikroba dalam media cair


Jadi kesimpulan yang bisa kita ambil adalah Tabung reaksi itu salah satu alat yang dibutuhkan pada setiap percobaan kimia dan fungsi utamanya adalah sebagai wadah pembakaran atau mereaksikan zat kimia dan juga tabung reaksi mampu menjadi wadah untuk tempat pengembangbiakkan bakteri.

Bentuk Tabung Reaksi

Tabung reaksi tersedia dalam berbagai ukuran panjang dan diameter, umumnya dari diameter 10 sampai 20 mm dan panjang 50 sampai 200 mm. Bagian atasnya seringkali dilengkapi dengan bibir yang melebar untuk membantu menuang isinya; beberapa sumber mempertimbangkan bahwa adanya bibir tersebut membedakan tabung reaksi dari tabung biasa. Tabung reaksi ada yang memiliki dasar rata, bulat, atau mengerucut. Beberapa tabung reaksi dibuat agar dapat dipasangi sumbat kaca atau tutup berulir. Ada pula yang dilengkapi dengan kaca kasar (ground glass) atau area berglazuur di bagian atas agar mudah diberi tanda menggunakan pensil.

Cara Menggunakan Tabung Reaksi

Pada saat proses pemanasan bahan kimia menggunakan tabung reaksi umumnya terdapat ada 2 cara yaitu:
  1. Tabung reaksi ini dipanaskan dahulu ke dalam gelas kimia yang berisi air dan selanjutnya dipanaskan menggunakan kompor/heater pembakar spiritus
  2. Memegang Tabung reaksi harus dijepit oleh penjepit tabung reaksi atau kita menggunakan sarung tangan anti panas agar tangan kita tidak terkena dampak panas dari tabung dan selanjutnya dibakar langsung di atas api


Sumber
https://id.wikipedia.org/wiki/Tabung_reaksi