Widget HTML #1

Fungsi Biological Safety Cabinet (BSC)

Fungsi Biological Safety Cabinet (BSC). BSC adalah merupakan alat yang berguna untuk bekerja secara aseptis karena BSC mempunyai pola pengaturan dan penyaring aliran udara sehingga menjadi steril dan aplikasi sinar UV beberapa jam sebelum digunakan.

Fungsi Biological Safety Cabinet (BSC)


Keutamaan dari biosafety cabinet

  1. Sistem HEPA Filter (Filter High Efficiency Particulate Air). Sistem HEPA sangat efisien dalam melakukan filtrasi yaitu hingga 99,99 %. Efisiensi dan akurasi mencapai 0,3 mikron. HEPA terbuat dari serat kaca borosilikat lipid.
  2. Dilengkapi Dengan Layar LED. Dengan dilengkapi oleh layar LED bersama dengan sistem kontrol mikroprosesor akan mengontrol semua keselamatan fungsi.Dari semua kelebihan yang dimiliki oleh BSC, ada satu hal yang membuatnya sangat unik yaitu adanya bar strip di panel kontrol LED yang akan memberikan warning kepada pengguna untuk mengganti filter HEPA tepat waktu. Ini membuat BSC memberikan perlindungan khusus bagi pengguna.
  3. UV Timer. BSC juga dilengkapi dengan UV timer yang berfungsi untuk mengontrol siklus dekontaminasi dan memaksimalkan umur lampu agar dapat menyala lebih lama. Sinar UV hanya dapat diaktifkan ketika jendela depan tertutup rapat sepenuhnya dan lampu flourescent dimatikan. Ini akan melindungi dan menghidari potensi bahaya yang dapat ditimbulkan oleh efek sinar UV pada pengguna BSC.
  4. Sistem Pengendalian Mikroprosesor. Sistem Pengendalian Mikroprosesor yang dimiliki oeh BSC akan mengontrol ukuran tekanan aliran udara secara akurat dan menyeimbangkan kecepatan aliran udara agar tersebar keseluruh ruang kerja.
  5. Sistem Cerdas Filter Kompensasi. Konsistensi penyaluran aliran udara vertikal secara otomatis dengan kecepatan 0.37 m/s ± 0.015m /s tanpa gangguan. Bila terjadi filter blok, motor fan akan meningkatkan kecepatannya. Hal tersebut berfungsi untuk memastikan aliran udara vertikal konstan dan menjamin kinerja yang aman
  6. Mudah untuk Dekontaminasi dan Disinfeksi. Dengan adanya UV timer yang mengontrol siklus dekontaminasi membuat BSC mudah dibersihkan. Selain itu juga didukung oleh jendela drive motor depan yang lancar dan dengan tepat dapat dipindahkan sesuai dengan posisi yang diinginkan. Baja permukaan meja stainless dapat diambil untuk autoklaf.


Prosedur penggunaan Biological Safety Cabinet

  1. Hidupkan lampu UV selama 2 jam, selanjutnya segera dimatikan sebelum mulai bekerja.
  2. Kaca penutup dipastikan terkunci dan pada posisi terendah.
  3. Lampu neon dan blower dinyalakan dan dibiarkan selama 5 menit.
  4. Tangan dan lengan dicuci dengan sabun gemisidal/alkohol 70%.
  5. Permukaan interior BSC diusap dengan alkohol 70% atau desinfektan yang cocok dan dibiarkan menguap.
  6. Alat dan bahan yang akan dikerjakan dimasukkan, jangan terlalu penuh (overload) karena memperbesar risiko kontaminan.
  7. Alat dan bahan yang telah dimasukkan ke BSC diatur sedemikian rupa sehingga efektif dalam bekerja dan tercipta areal yang benar-benar steril.
  8. Jangan menggunakan pembakar Bunsen dengan bahan bakar alkohol tetapi gunakan yang berbahan bakar gas.
  9. Kerja secara aseptis dan jangan sampai pola aliran udara terganggu oleh aktivitas kerja.
  10. Setelah selesai bekerja, biarkan 2-3 menit supaya kontaminan tidak keluar dari BSC.
  11. Permukaan interior BSC diusap dengan alkohol 70% dan dibiarkan menguap, kemudian tangan dibasuh dengan desinfektan.
  12. Lampu neon dan blower dimatikan.


Referensi
http://www.biosafetycabinet.co.id/biosafety-cabinet/