Widget HTML #1

Fungsi Moisture Meter

Fungsi Moisture Meter. Moisture meter adalah alat ukur yang digunakan untuk mengukur kadar air, dengan menggunakan alat ini kita dapat mengukur tingkat kelembaban ataupun mengetahui tingkat kekeringan pada bahan atau media yang sedang di ukur dengan mudah cepat dan akurat.

Fungsi Moisture Meter


Alat ini biasa digunakan untuk mengetahui kelembaban kadar air pada suatu zat, bisa itu biji-bijian ataupun yang lainnya. Kandungan kelembaban dipengaruhi oleh zat yang mempunyai sifat fisik seperti berat, densitas, indeks bias, kekentalan, konduktivitas, dan lain-lain. Metode pengukuran dapat dibagi dalam beberapa metode, yaitu metode termogravimetri, metode kimia, metode spektroskopi, dan lain-lain.

Alat ini pun banyak digunakan di bidang pertanian untuk mengukur kandungan air dari biji-bijian seperti gandum, gabah, sorgum, jagung, tembakau, jerami dan yang lainnya. Pengukuran kadar air dalam produk pertanian tentu saja akan sangat dibutuhkan untuk menjaga kualitas produk di pasaran.

Metode pengukuran Moisture Meter

  • Metode termogravimetri
  • Metode kimia
  • Metode spektroskopi

Fungsi Moisture Meter

  1. Dapat menimbang secara otomatis
  2. Dapat off/mati secara otomatis
  3. Dapat mengatur temperatur secara otomatis
  4. Dapat mengatur kadar air secara otomatis
  5. Dapat memperbaiki kadar air pada keadaan kosong
  6. Memiliki modus merivisi paling modern
  7. Pengguna dapat menentukan jenis bahan yang akan diukur, serta merevisi kesalahan pengukuran

Cara Kerja Moisture Meter

  1. Termogravimetri : Cara ini dilakukan dengan beberapa tahap yakni penimbangan, pengovenan, dan pendinginan hingga diperoleh berat yang konstan.Nilai dari kandungan air yang ditentukan dapat dilihat dari selisih berat sebelum pemanasan dan sesudahnya.
  2. Konduktometri : Cara inilah yang dilakukan oleh alat Moisture Meter, yaitu dengan cara elektrik. Teknik pengukuran konduktometri didasarkan pada konduktivitas dan hantaran listrik. Kadar air akan berbanding linear terhadap kapasitas listrik yang anda ukur.Hantaran Listrik tersebut akan terdeteksi oleh alat yang dinamakan detect.