Widget HTML #1

Fungsi USBL Serta Spesifikasi Dan Manfaatnya

Fungsi USBL Serta Spesifikasi Dan Manfaatnya. Ultra Short Baseline Positioning System atau disingkat USBL merupakan alat yang digunakan untuk keperluan penentuan posisi bawah air. USBL menggunakan prinsip akustik dan membutuhkan wahana agar dapat dioperasionalkan.

Fungsi USBL Serta Spesifikasi Dan Manfaatnya


Fungsi USBL

Fungsi dari USBL adalah menentukan jarak akurat dengan menggunakan sinyal akustik. Jarak yang akurat dapat diperoleh dengan mengetahui secara tepat kecepatan perambatan sinyal akustik dan waktu yang dibutuhkan untuk sinyal akustik merambat antara transceiver dan target. Selain itu alat ini juga menentukan bawaan dengan mengetahui perbedaan diskrit fase antara resepsi sinyal pada beberapa transducer yang terdapat dalam transceiver. Hal ini membuat USBL dapat menentukan perbedaan time-phase untuk setiap transducer dan juga menghitung sudut dari sinyal yang sampai.

Prinsip Kerja USBL

Prinsip kerja USBL yaitu memancarkan gelombang akustik dari transceiver, yang akan diterima oleh transponder yang terletak di target. Transponder akan memancarkan gelombang akustik dengan frekuensi yang sama ke arah transceiver untuk menentukan jarak antara transceiver dan target. Pada sinyal akustik yang dipancarkan terdapat bawaan yang akan diproses oleh setiap transducer pada transceiver untuk menentukan perbedaan time-phase, dan juga sudut dari sinyal yang dipancarkan. Dengan diketahuinya posisi, jarak dan sudut dari target, maka posisi dari target tersebut dapat ditentukan secara akurat.

Spesifikasi USBL

USBL terdiri dari beberapa komponen yaitu acoustic transceiver, in-water transponders, attitude sensors, dan surface positioning system. Acoustic transceiver dipasangkan pada wahana dan posisinya harus dibawah permukaan air, attitude sensor dan surface positioning system terletak di dalam wahana, dan transponder terletak pada target yang ingin diketahui posisinya. Terdapat juga konfigurasi iUSBL, yaitu meletakkan transceiver pada AUV dan transponder pada targetnya.

Kelebihan USBL

  1. Kalibrasi satu kali saja yaitu saat pemasangan, sehingga USBL menjadi sistem yang lebih praktis jika dibandingkan dengan dua sistem lainnya. Akurasi pada USBL bergantung pada kalibrasi awal dan juga akurasi VRU.
  2. Memiliki panjang baseline yang pendek, yaitu dibawah 10cm. Hal ini memberikan keuntungan pada USBL untuk melakukan penentuan posisi dengan ruang lingkup yang kecil.
  3. Dapat digunakan dengan Pingers ataupun Transponders, selama data kedalaman dari Pinger didapatkan.
  4. Akurasi paling rendah karena pendeknya baseline yang digunakan oleh USBL.

Manfaat USBL

USBL memiliki tujuan untuk menentukan posisi secara akurat di bawah air. USBL dapat diaplikasikan untuk mengetahui posisi dari seabed, autonomous underwater vehicles (AUV), Remotely Operated Vehicles (ROV), towfish, atau objek lainnya selama objek tersebut dapat dipasang transponder. USBL juga dapat digunakan untuk automatic docking, yaitu pendaratan AUV menuju target tertentu dan juga target tracking, untuk mengikuti perpindahan posisi dari suatu target.

Referensi
http://www.sonardyne.com/products/positioning/usbl-all-systems.html
http://www.evologics.de/en/products/USBL/USBL_positioning_overview.html