Widget HTML #1

Cara Mudah Tes Swab Antigen Mandiri

Fungsialat.com - Salah satu cara yang bisa dilakukan guna memastikan jika kamu terserang virus corona adalah melakukan swab test mandiri. 

Nah Masyarakat yang melakukan tes swab mandiri tidak perlu datang ke rumah sakit atau lokasi pemeriksaan. Hal ini dapat menurunkan risiko penularan virus ke petugas kesehatan atau orang lain yang berkontak dengan mereka.

Selain itu, tes swab mandiri juga menghemat persediaan alat pelindung diri (APD) yang digunakan tenaga kesehatan. Bahkan, cara ini juga memungkinkan lebih banyak orang mengirimkan sampelnya karena mereka tidak lagi khawatir tertular virus ketika datang ke lokasi. Berikut adalah prosedur swab test mandiri.

Kelengkapan Test antigen 

Antigen rapid test cassette. 

Sterilized Swabs. 

Extraction Reagent. 

Extraction Tubes.

Instruksi Swab Mandiri Untuk Rapid Test Antigen Quidel Quickvue

Jangan melakukan swab test mandiri Apabila:

- Mimisan dalam 24 jam terakhir

- Operasi hidung dalam 4 minggu terakhir

- Cedera di wajah dalam 8 minggu terakhir

Prosedur Swab test mandiri



1. Harap bersihkan tangan Anda sebelum memulai tes.

2. Buka tutup tube yang telah berisi cairan lalu letakkan dalam tube holder.

3. Buka kemasan alat swab hidung.

4. Masukkan alat swab ke rongga hidung (1,5cm - 2cm). Usapkan swab di sekeliling dinding setiap rongga hidung setidaknya 4 kali. Ambillah sampel selama 15 detik.

5. Segera masukkan alat swab ke dalam tube terbuka yang telah berisi cairan hingga menyentuh dasar tube. Aduk atau putar alat swab 3 atau 4 kali.

6. Biarkan alat swab berada dalam tube setidaknya selama 1 menit.

7. Usap ujung alat swab ke dinding tube untuk memeras cairan sebanyak mungkin saat mengeluarkan alat swab. Jangan sentuh ujung alat swab. Buang alat swab ke dalam kantong sampah medis.

8. Siapkan test strip dengan membuka kantongan strip pada tanda sobek. Buka test strip dengan hati-hati dan hanya pegang bagian atas stripnya saja

9. Masukkan test strip ke tube terbuka yang telah berisi cairan, dengan panah ke arah bawah.

10. Tunggu selama 10 menit sebelum mengecek hasilnya di test strip.

11. Test strip harus dibaca dalam 5 menit setelah dibuka dari tube yang telah berisi cairan untuk menghindari hasil tidak akurat. Selama ini, harap letakkan test strip di permukaan yang rata.

a. Penampakan adanya SALAH SATU warna pink hingga kemerahan pada Test Line DAN prosedural Control Line warna biru menunjukkan hasil tes nya positif.

b. Penampakan HANYA prosedural Control Line warna biru menunjukkan hasil tes nya negatif.

c. Jika Control line warna biru tidak muncul meskipun adanya salah satu warna pink hingga kemerahahan pada Test Line ATAU jika warna latar belakang tidak jelas dan mengganggu proses pembacaan tes, maka hasil tes invalid. Harap ulangi tes dengan menggunakan alat tes yang lain.

12. Bersihkan tangan Anda setelah tes.