Widget HTML #1

Alat Komunikasi Tradisional/Kuno

FungsiAlat - Komunikasi tradisional adalah sebuah proses penyampaian pesan dari satu pihak ke pihak lain, dengan menggunakan media tradisional yang sudah lama digunakan di suatu tempat sebelum kebudayaannya tersentuh oleh teknologi modern.

Alat Komunikasi Tradisional/Kuno

Komunikasi tradisional merupakan bagian dari ruang lingkup kajian komunikasi. Secara umum juga dimaksudkan sebagai bentuk komunikasi yang menekankan proses penyampaian pesan melalui berbagi media komunikasi yang bersifat tradisi atau sederhana, yang digunakan oleh sekelompok masyarakat tertentu yang berbeda dari masyarakat lainnya. Komunikasi tradisional ini juga merupakan gaya dan cara berkomunikasi yang berlangsung sama secara turun-temurun pada suatu masyarakat tertentu yang berbeda dari masyarakat lainnya disebabkan oleh ciri-ciri khas sistem masyarakat dan tata nilai kebudayaannya yang berbeda.

Alat Komunikasi Tradisional

1. Kentongan

kentungan atau kentongan merupakan alat komunikasi tradisional yang metode penggunaanya adalah dipukul. Bahan utama pembuatan kentungan adalah bambu atau kayu begitupun dengan alat pemukulnya. Alat ini digunakan untuk memberi tanda kalau ada bencana atau tindakan kriminal

2. Lonceng 

lonceng adalah alat komunikasi tradisional yang menghasilkan suatu bunyi. Lonceng berbentuk seperti cangkir berongga yang terbalik dan berbahan dasar logam. Alat ini digunakan untuk komunikasi tertentu kepada penganut agamanya.

3. Burung Merpati 

Dari catatan sejarah menemukan bahwa burung merpati merupakan salah satu alat komunikasi tradisional yang bisa diandalkan. Unggas yang dikategorikan cerdas ini memiliki daya ingat yang tajam, kemampuan navigasi yang baik, dan kecakapan untuk kembali lagi ke sangkar asalnya meskipun telah menempuh perjalanan panjang. Ia juga burung yang mudah dilatih. 

4. Daun Lontar

Daun lontar memiliki fungsi yaitu sebagai media untuk mencatatkan informasi. Daun lontar perlu dikeringkan terlebih dahulu sebelum dibubuhkan goresan tangan. Masa daun lontar memang jauh lebih ringan daripada batu, tapi ketahanannya tidak solid seperti batu. Alat ini digunakan untuk menulis

5. Surat 

Walaupun dikategorikan sebagai alat komunikasi tradisional, surat masih sering digunakan hingga sekarang ini. Surat mulai mengenal atau memuat informasi dalam huruf abjad yang biasanya ditulis atau dicetak di atas selembar kertas dan dikirim melalui pos. Surat tradisional membutuhkan stempel pos dengan keterangan harga atau dikenal dengan prangko.

6. Asap

Asap adalah salah satu alat komunikasi tradisional yang digunakan oleh masyarakat di beberapa belahan dunia seperti suku Indian di Amerika, bangsa Yunani, dan para tentara pada zaman Cina Kuno. Kepulan asap yang bentuknya unik merupakan penanda dengan makna tertentu yang hanya dipahami kedua belah pihak, baik pengirim maupun penerima pesan. 

Kelebihan dan Kekurangan Komunikasi Tradisional

Kelebihan : Media komunikasi tradisional biasa dipertukarkan dengan seni yang menjadikan bentuk komunikasi ini lebih menarik, sederhana, dan mudah dimengerti

Kekurangan : ketidak-mampuannya menjangkau ruang dan waktu serta audiens yang luas sehingga kurang efektif