Widget HTML #1

Fungsi Sheep Foot Roller Alat Pemadatan Tanah

Fungsi Alat.com – Di Indonesia sendiri, sheep foot roller menjadi salah satu alat berat yang cukup dibutuhkan dalam proyek konstruksi. Dengan wilayah yang didominasi oleh wilayah pegunungan, maka kondisi tekstur tanah yang ada bisa merusak proses pembangunan hingga menghancurkan bangunan yang telah selesai dibangun. Agar hal ini tidak terjadi, maka memastikan kondisi tanah yang akan dibangun telah kondusif dengan kepadatan tanah yang tepat bisa menjadi solusi yang sangat membantu.

Fungsi Sheep Foot Roller Alat Pemadatan Tanah

Nah Alat berat ini dinamakan seperti tersebut di atas, karena memang sekeliling permukaan roda (wheel) dipasang batang-batang sepanjang 10 cm yang bentuknya seperti kaki kambing. 

Luas penampang ujung batang lebih besar daripada luas penampang pengkalnya. Sekarang bentuknya tidak lagi seperti kaki kambing, untuk mempermudah produksinya. Pada waktu alat berat ini beroperasi, kaki-kaki kambing, ini masuk ke dalam tanah, sehingga akan menambah kepadatan tanah yang diinjaknya. Dari bentuknya sudah jelas bahwa roller ini dioperasikan untuk pemadatan tanah, bukannya batu pecah, apalagi hot mix.

Roda yang dipasang ”kaki kambing” itu hanya roda depan, sedangkan roda belakang berupa roda ban, agar mobilitasnya tetap tinggi.

Struktur Sheep Foot Roller

Alat berat ini terdiri dari :

1. Mesin penggerak

2. Sistem hidrolik

3. Roda

4. Badan

Penjelasan Sheep Foot Roller

1. Mesin penggerak bertugas menggerakkan pompa hidrolik. Roda belakang diputarkan oleh motor hidrolik yang mendapat tenaga dari pompa hidrolik. Pemanfaatan sistem hidrolik, memudahkan penyaluran tenaga dari mesin ke roda depan, walaupun arah poros roda depan tidak tegak lurus terhadap badan roller.

2. Sistem hidrolik ialah rangkaian komponen yang memungkinkan tenaga mesin sampai ke motor hidrolik sehingga dapat menggerakkan roda belakang. 

3. Roda belakang berupa roda ban yang fungsinya membawa gerakan, sedangkan roda depan berfungsi memadatkan tanah yang dilaluinya. Roda depan dilengkapi pembersih tanah yang lengket di sela-sela “kaki kambing“ yang berdekatan.

Bila tidak dilengkapi pembersih semacam itu, maka dalam waktu singkat beroperasi, maka „kaki kambing“ itu tidak akan nampak lagi, karena tertutup tanah yang lengket. 

Cara Pemakaian Sheep Foot Roller

Pemakaian sheep foot roller kebanyakan pada operasi pemadatan tanah, terutama tanah lembek dan tanah liat. Dalam pengangkutannya ke daerah operasi, roller ini harus dinaikkan ke atas trailer dapat merusak jalan yang dilaluinya. 

Pemeliharaan roller ini seperti roller sebelumnya tidak sulit, yang penting jagalah kebersihan bahan bakar dengan memasukkan solar yang dijamin bersih dan mengganti filter solar pada waktunya. Begitu pula filter udara yang harus diganti lebih sering dari pada filter solar. 

Pada waktu mau beroperasi perlu adanya pemanasan pendahuluan dan setelah operasi selesai, sebelum mesin dimatikan, perlu dibiasakan dilakukan pendinginan mesin dulu.