Widget HTML #1

Alat berat perata tanah dan aspal

Fungsi Alat - Apa nama alat berat perata tanah dan aspal?. Material untuk badan jalan biasanya diangkut dengan dumptruck, baik itu berupa tanah (soil) maupun pecah (crushed stone). Timbunan material tersebut diletakkan ditepi badan jalan berbentuk gundukan yang berderet sepanjang jalan tadi. Untuk menghamparkannya secara merata keseluruh permukaan, maka diperlukan peralatan. Peralatan tersebut bernama Motor Grader. Jadi motor grader itu ialah alat berat yang dapat mendorong material dari gundukan ditepi jalan untuk disebarkan secara merata diseluruh permukaan badan jalan kalau perlu dengan kemiringan tertentu.

Perkakas untuk menyebar ratakan material tersebut diatas berupa blade dengan panjang antara 3 m-4m, lebar 60 cm dan tebal 2,5 cm. Blade ini digantung secara kokoh pada rangka yang menghubungkan roda terdepan dengan roda kedua.

Adapula motor grader yang dilengkapi attachment scrarifier, yaitu berupa garpu, letaknya didepan blade dengan panjang sama dengan blade tersebut. Scarifier fungsinya ialah untuk membongkar badan jalan dalam batas-batas kemampuannya atau digunakan untuk mengaduk (mixing) material yang telah dihampar dengan tanah. Material tersebut misalnya kapur, agar sub grade menjadi stabil.

Diatas telah diuraikan alat perata untuk tanah, berikut ini akan diuraikan alat perata untuk aspal campuran panas (hot mix) sebelum dipadatkan. Alat berat tersebut bernama Finisher. Finisher menerima hot mix melalui corong (hoper) dari tumpukan. Oleh finisher material tersebut dari bagian depannya, tempat penerimaan dari dumptruck, kemudian disalurkan ke bagian belakangnya dengan conveyor, dihamparkan ke badan jalan di bagian belakang secara merata dari kiri ke kanan dengan bantuan auger yang berbentuk sekrup. Bila hot mix telah dihampar pada badan jalan dengan rata, maka dapat dipadatkan dengan roller.

Jenis-Jenis Alat Perata Tanah Dan Aspal

Motor Grader

Alat berat perata tanah dan aspal
Photo by Boom & Bucket on Unsplash

Motor grader ialah alat berat yang mempunyai tiga pasang roda. Attachment dipasang diantara roda pertama dan roda kedua berupa blade dan roda kedua berupa blade dan scarifier (garpu).

Blade untuk memotong atau hanya mendorong, sedangkan scarifier berguna untuk menggaruk. Bila tanah atau badan jalan yang akan digaruk terlalu keras, maka pekerjaan dilakukan dengan memakai ripper yang dipasang dibelakang badan grader.

Dua pasang ban yang dibelakang menumpu badan grader dan membutuhkan traksi yang kuat, sedangkan ban pertama yang terdepan hanya untuk menopang dudukan attachment dan berfungsi sebagai pengatur arah gerakkan dan dapat dimiringkan untuk menunjang keefektifan operasi. Kadang-kadang (untuk motor grader kecil) ban depan lebih kecil daripada ban belakang.

Untuk efisiensi kerja, pada motor grader yang besar, terdapat articulated steering, artinya bila alat tersebut belok, badannyapun dapat turut patah menunjangnya sehingga radius belok mengecil.

Asphalt Finisher

Alat berat perata tanah dan aspal
foto By pengadaan.web.id

Nama alat berat ini tidak mencerminkan tugasnya, yaitu menyelesaikan (finish) pekerjaan melainkan menghamparkan hotmix secara merata baik ke samping maupun kedepan. Finisher menanti kiriman hot mix dari dumptruck pada lajur jalan yang akan dihampar. Melalui hoper yang terbuka didepannya, hot mix ditumpahkan dari belakang dumptruck setelah terlebih dulu ban belakang dumptruck menyentuh bumper depan finisher. Dari hoper, material disalurkan ke belakang dengan conveyor. Dari belakang ini material disebarkan merata keseluruh permukaan badan jalan yang akan diaspal. Penyebaran yang merata dilakukan oleh alat yang bernama auger, berupa sekrup yang melintang dari tepi kiri ke tepi kanan.

Ketebalan hamparan dapat diukur diatur dengan yang bernama screed berupa plat besi yang dapat dinaik turunkan. Finisher ada 2 (dua) macam, yaitu yang bergerak dengan ban dan yang bergerak dengan track (kelabang).