Widget HTML #1

Fungsi Piano Sebagai Alat Musik Melodis

Fungsi Piano Sebagai Alat Musik Melodis. Piano Adalah Merupakan Alat Musik Melodis Piano adalah Merupakan alat Musik yang dimainkan dengan jari-jemari tangan. Sedangkan orang yang memainkan piano disebut pianis.sampai sekarang orang yang pertama kali menemukan piano masih menjadi perdebatan, banyak orang mengakui, Bartolomeo Cristofori sebagai penciptanya. jika ingin memahami tentang sejarah dan keindahan Piano cek disini : Piano Mahakarya musik yang tak tergantikan

Pada tahun 1930-an dibuatlah piano elektronik (atau piano listrik), yang didasarkan pada teknologi elektroakustik atau metode digital. Nada suaranya terdengar melalui sebuah amplifier dan loudspeaker. Dari sisi mutu suara, piano elektronik nyaris tak ada bedanya dengan piano biasa. Perbedaan terletak pada berbagai fitur yang melengkapinya. Fitur itu tentu tidak ada dalam piano biasa. Misalnya, bisa dihubungkan dengan perangkat MIDI, komputer, alat rekam; memiliki pengatur volume, tusuk kontak untuk pendengar kepala; dan sebagainya.

Fungsi Piano Sebagai Alat Musik Melodis


Berikut adalah beberapa tips tentang cara main piano.

Dalam menguasai koordinasi diperlukan latihan piano dengan masing-masing tangan yang memiliki gerakan yang berbeda.

Latih Jari-jari dengan baik. dengan kelenturan jari-jari yang baik sangat penting bagi keberhasilan Anda sebagai seorang pianis. Latihlah jari-jari anda dengan nyaman sehingga dapat digunakan setiap saat dalam bermain piano.

Berlatihlah dengan gerakan yang lambat dan akurat Masalah yang sering terjadi adalah bahwa seseorang ingin bermain terlalu cepat. Ingat bahwa Anda harus menetapkan akurasi nada, irama, dan jari sebelum Anda menambah kecepatan tangan. Anda dapat mempertahankan kecepatan yang tepat bila Anda telah menguasai gerakan tangan secara akurat.

Luangkan Waktu Untuk Irama dan Menghitung Ketukan Selain menetapkan pola irama, menghitung ketukan dapat membantu dengan konsentrasi, dan juga membantu untuk menjaga tempo (kecepatan).Dengan menghitung Anda bisa mempercepat atau memperlambat tempo secara fleksibel. Anda tidak dapat melakukan ini dengan metronom. Metronom juga sulit untuk digunakan pemula.

Menguasai Permainan Secara Bertahap Ini sebenarnya adalah kelanjutan dari praktek tangan sendiri di atas. Setelah gerakan tangan dapat dikuasai, latihan menginjak pedal. Pada kebanyakan situasi, menginjak pedal mengikuti gerakan tangan kiri. Ketika Anda mulai menempatkan dua tangan bersama-sama, ingatlah untuk bekerja perlahan-lahan untuk akurasi. Setelah itu mulailah gerakan eksplorasi ke tingkat lanjut.

Apabila Anda telah telah dapat menguasai teknik dalam bermain piano, maka berlatihlah secara rutin. Terima kasih telah berkunjung ke Tabriiz.id

Sumber
https://id.wikipedia.org/wiki/Piano