Widget HTML #1

Fungsi Mesin Cash Register

Fungsi Mesin Cash Register. Buat anda yang sering berbelanja pasti sudah tidak asing lagi dengan mesin Cash Register sebab ketika anda membayar hasil belanjaan anda akan berhadapan dengan kasir yang menggunakan mesin tersebut.

Penerimaan kas yang berasal dari hasil penjualan tunai dilakukan melalui cash register, cash register harus ditempatkan pada loket kasir sedemikian rupa, sehingga terbaca oleh pembeli. Dan sebagai bukti bahwa mesin telah mencatat data yang dimasukan kedalamnya maka cash register harus mengeluarkan bunyi “kring“, banyak perusahaan yang menghubungkan cash registernya langsung ke komputer. Komputer diprogram agar dapat mencatat data yang dimasukan oleh petugas penjualan dari kas register langsung ke catatan akuntasi. Petugas penjualan yang mengoprasikan cash register tidak boleh merangkap sebagai petugas pembuka cash register. Dan pada jam-jam tertentu atau pada akhir jam kerja petugas penjualan harus menghitung uang yang ada dalam cash register, kemudian hasil perhitungan beserta uangnya diserahkan kepada kasir. Seperti halnya petugas penjualan, kasir juga menangani kas, oleh karena itu ia tidak diperkenankan merangkap sebagai petugas pencatat transaksi kas.

Fungsi Mesin Cash Register


Petugas ketiga biasanya dari bagian akuntasi memeriksa hasil catatan komputer melalui cash register (atau kertas catatan dalam cash register ) dan membandingkannya dengan uang yang yang diterima kasir sebagaimana yang tercantum dalam laporan yang dibuat kasir. Apabila digunakan kertas pencatat dalam cash register, maka data yang ada dalam kertas pencatat tadi digunakan dasar untuk membuat jurnal atas transaksi penjualan tunai. Petugas di bagian akuntasi melakukan pencatatan transaksi kas tetapi ia tidak mempunyai kewenangan mengurus kas yang sesungguhnya. Sebaliknya petugas penjualan dan kasir berurusan langsung dengan kas yang sesungguhnya.

Dalam praktek mesin cash register yang digunakan berbagai macam merk dan type, tetapi pada prinsipnya langkah-langkah dasar mengoperasikannya hampir sama.

Jenis mesin cash register

  1. Mesin cah register dengan infra merah (scanner) Jenis cash register ini banyak digunakan di toko swalayan besar seperti hypermarket. Penggunaan mesin cash register ini lebih mudah. Kasir hanya tinggal menyorotkan scanner kearah Barcode barang yang terdapat pada kemasan. Otomatis pada mesin cash register akan muncul kode, nama barang dan harganya.
  2. Mesin cash register manual. Jenis cash register ini banyak digunakan di mini market, ditoko, di tempat yang menjual fast food, cafeteria, apotik dan sebagainya. Untuk mengoperasikan alat ini dibutuhkan pengetahuan dan keterampilan kasir.

Keunggulan Mesin Cash Register

  1. Dapat mempercepat penyelesaian transaksi pembayaran secara akurat;
  2. Dapat mengetahui kelompok umur; kebangsaan pembeli;
  3. Dapat mengetahui jenis dan nama barang yang dijual/dibeli;
  4. Dapat mengetahui stock barang yang masih ada untuk tiap jenis barang;
  5. Dapat mengetahui total penjualan;
  6. Sebagai alat kontrol bagi pemilik toko.
Terima kasih telah berkunjung ke Tabriiz.id

Dikutip dari berbagai sumber