Widget HTML #1

Fungsi E-KTP Reader alat Pembaca KTP elekronik

Fungsi E-KTP Reader alat Pembaca KTP elekronik. Kartu Tanda Penduduk Elektronik Merupakan kartu identitas bagi setiap warga negara Indonesia yang menggunakan teknologi smart card dan biometri untuk menjamin ketunggalan identitas pemegangnya. Selain menyimpan data pribadi kependudukan. E-KTP juga menyimpan biometrik pemiliknya yang dapat diverifikasi dengan menggunakan sidik jari.

Fungsi / Kegunaan E-KTP Reader

Reader E-KTP adalah merupakan alat pembaca E-KTP dan menverifikasi data pribadi yang tersimpan pada chip E-KTP. Dengan menggunakan Reader E-KTP, kartu identitas tersebut dapat dibaca dan diverifikasi terhadap pemegangnya untuk memberikan jaminan bahwa E-KTP tersebut dipergunakan sebagaimana mestinya oleh pemegangnya yang berhak.

Fungsi E-KTP Reader alat Pembaca KTP elekronik

Cara Menggunakan Alat E-KTP Reader

Alat pembaca E-KTP dapat digunakan tanpa membutuhkan perangkat tambahan dan sudah ada layar yang akan menampilkan data penduduk dari chip E-KTP. Dengan alat tersebut dapat diketahui apabila E-KTP milik seseorang sedang disalahgunakan oleh pihak lain. Setelah E-KTP diletakkan di alat tersebut, maka pemiliknya akan dipindai sidik jarinya untuk membuktikan bahwa E-KTP tersebut miliknya. Selain itu, card reader juga dapat memeriksa apakah E-KTP asli atau palsu.

Fungsi E-KTP Reader 

  1. Melakukan pembacaan data E-KTP yang meliputi biodata (nama, tempat, tgl. lahir, alamat dan lain-lain), foto, dan tanda tangan.
  2. Melakukan verifikasi bahwa E-KTP tersebut adalah milik yang bersangkutan dengan melakukan scan telunjuk kiri atau kanan menggunakan finger print scanner yang terdapat pada E-KTP Reader

Komponen Utama E-KTP Reader 

  1. Contactless card reader yang dilengkapi SAM slot.
  2. Finger print scanner.
  3. Main Board
Semua pemrosesan dan pengolahan data ada di E-KTP Reader. PC/Laptop Client hanya berfungsi untuk menampilkan data. SAM (Secure Access Module ) merupakan suatu chip dalam format contact card yang menyimpan kunci – kunci kriptografi yang diperlukan untuk membaca E-KTP. Tanpa SAM, maka E-KTP tidak bias dibaca. SAM diterbitkan oleh Kemendagri dengan bantuan teknis dari Lembaga Sandi Negara. SAM ini secara fisik mirip dengan SIM card mobile phone. SAM ini dimasukkan kedalam slot SAM di card reader.

Fitur-fitur E-KTP Reader

  1. MembacadanVerifikasi E-KTP. Pembacaan data danverifikasi E-KTP memerlukan waktu sekitar 8 detik karena adanya proses mutual authentication antara E- KTP dan SAM untuk menjamin keamanan data transaksi. 
  2. Export Data E-KTP. E-KTP Reader ini mempunyai fitur untuk melakukan export data hasil pembacaan e -KTP kedalam format excel seperti terlihat pada Gambar 4. File tersebut dapat di - save ataupun di - copy. Dengan demikian user dapat melakukan copy ke dalam system mereka, tanpa perlu mengetik ulang sehingga mengurangi k esalahan pada data entry. Foto dan tanda tangan juga bisa di - copy oleh user. 
  3. Mencetak Data E-KTP Menu ini akan mencetak data E - KTP pada printer yang terdapat pada PC Client. Menu ini menggantikan fungsi fotocopy secara manual sehingga E - KTP tidak perlu di - fotocopy. 
  4. Mencetak Data ke d alam File Apabila user menginginkan untuk men etak data dalam format file, maka pada menu printer, dipilih “Microsoft XPS Document Writer” sehingga hasilnya berupa file xps.
Terima kasih telah berkunjung ke Tabriiz.id

Sumber 
www.len.co.id