Widget HTML #1

Fungsi GAAS atau Kain Kasa

Fungsi GAAS atau Kain Kasa. Alat ini berasal dari bahasa Belanda yang kini diterjemahkan dalam bahasa Indonesia menjadi Kasa atau kain Kasa. GAAS berbentuk kain seperti kawat ram, yaitu berlobang-lobang kecil dengan ukuran beragam, yang termasuk dalam golongan GAAS.

Golongan Gaas atau Kain Kasa

Gaas steril atau kasa hydrofil steril yang paling banyak digunakan adalah dari ukuran 18 x 22 cm. Biasanya dijual dalam kemasan dus berisi 16 lembar. Kegunaannya adalah untuk menutupi luka-luka untuk menghindarkan kontaminasi. Cara penggunaannya dengan menggunakan plester dilekatkan pada tubuh.

Dressing (Wound dressing = Penutup Luka). Istilah nama dressing sebenarnya berarti verband atau perban, hanya saja yang digolongkan dalam GAAS ini yang mempunyai ukuran pendek, sedangkan pada masyarakat umumnya dengan perban adalah yang panjang.

Gaas yang mengandung obat. Dikenal dengan merk yang antara lain Supra-tulle (Heochst) adalah gaas yang berisi antibiotika Soframycin. Digunakan untuk luka-luka yang baru, Daryant-tulle (Darya-Varia Jakarta), Bactigras, yaitu gaas steril berisikan Chlorhexidine dalam paraffin, Actisorb, dressing steril yang mengandung Charcoal (arang), Jelonet, yaitu gaas dressing steril yang mengandung paraffin jelly, disebut juga Paraffin GAUZE.

Dikutip dari berbagai sumber