Widget HTML #1

Fungsi Hot Plate Magnetic Stirrer Serta Prinsip Kerjanya

Fungsi Hot Plate Magnetic Stirrer Serta Prinsip Kerjanya. Hot Plate Magnetic Stirrer adalah merupakan peralatan laboratorium yang berfungsi untuk mengaduk dan memanaskan larutan satu dengan larutan lain yang bertujuan untuk membuat suatu larutan homogen dengan bantuan pengaduk batang magnet (stir bar). Pelat (plate) yang terdapat dalam peralatan dapat dipanaskan sehingga mampu mempercepat proses homogenisasi.

Fungsi Hot Plate Magnetic Stirrer Serta Prinsip Kerjanya


Cara penggunaan alat ini cukup sederhana kita tinggal menyalakan kemudian menempatkan sampel diatas hotplate, kemudian diatur suhunya sesuai yang diinginkan.

Gelas ukur yang berisi larutan yang akan diaduk dan berisi stir bar diletakkan diatas pelat (plate). Stir bar atau magnet pengaduk yang dimasukkan dalam wadah gelas ukur yang berisi larutan kimia tidak akan bereaksi dengan larutan apapun pada saat proses pencampuran berjalan, karena stir bar atau magnet pengaduk dibungkus dengan materi khusus seperti teflon.

Prinsip kerja Hot Plate Magnetic Stirrer

Prinsip kerja “Hot Plate Magnetic Stirrer” adalah berupa plate yang dapat dipanaskan dan hubungan antara dua magnet yaitu, magnet yang dihubungkan pada motor dan magnet (stir bar) yang dimasukkan dalam wadah gelas yang berisi larutan kimia yang ditempatkan pada atas pelat (plate). Dengan menggunakan “Hot Plate Magnetic Stirrer”, pencampuran larutan kimia dapat dilakukan dengan cepat, sehingga dapat menghemat waktu, tenaga dan dihasilkan larutan yang lebih homogen.

Terima kasih sudah berkunjung di Tabriiz.id