Widget HTML #1

Fungsi Var Dalam Pertandingan Sepak Bola

Fungsi Var Dalam Pertandingan Sepak Bola. Dalam dunia sepak bola sekarang ini pasti anda sudah tidak asing lagi dengan kata VAR (Video Assistant Referee), adalah merupakan sebuah teknologi video untuk membantu kerja wasit dalam mengambil keputusan lebih akurat.

Dalam penggunaan alat ini VAR memiliki sebuah tim, terdiri dari asisten wasit video (VAR) dan tiga asistennya (AVAR1, AVAR2, dan AVAR3). Semua asisten wasit video adalah anggota resmi FIFA.

Fungsi Var Dalam Pertandingan Sepak Bola


AVAR1 berkonsentrasi pada kamera utama dan membuat VAR diinformasikan tentang permainan langsung apabila insiden sedang diperiksa atau ditinjau.

AVAR2 adalah asisten wasit yang terletak di stasiun offside. Dia mengantisipasi dan memeriksa setiap potensi situasi offside untuk mempercepat proses pemeriksaan dan peninjauan VAR.

AVAR3 memfokuskan pada umpan program TV, membantu VAR dalam mengevaluasi insiden dan memastikan komunikasi yang baik antara VAR dan AVAR2 yang terletak di stasiun offside.

Tim VAR nantinya akan membantu wasit mengambil keputusan seperti pelanggaran yang dilakukan pemain, offside, pelanggaran di kotak penalti, bola yang sudah keluar dari lapangan tapi mengarah ke terjadinya gol, bola keluar dari permainan yang mengarah ke penalti, termasuk, semua kasus kesalahan identitas.

Tim VAR memiliki akses ke 33 kamera siaran yang 8 di antaranya adalah kamera super slow-motion dan 4 kamera ultra slow-motion. Kedua jenis kamera ini hanya tersedia bagi tim VAR. Untuk fase knockout, dua kamera ultra slow-motion tambahan akan dipasang di tiap belakang gawang.

Replay gerakan lambat terutama digunakan untuk situasi faktual, misalnya, untuk mengidentifikasi titik kontak pelanggaran fisik atau posisi pelanggaran. Kecepatan normal digunakan untuk penilaian subyektif, misalnya, intensitas pelanggaran atau untuk menentukan apakah bola tangan itu disengaja.

Terima kasih telah berkunjung ke Tabriiz.id