Widget HTML #1

Fungsi Pipet Tetes Dan Cara Menggunakannya

Fungsi Pipet Tetes Dan Cara Menggunakannya. Alat laboratorium Pipet tetes biasanya terbuat dari tabung kaca silikat dengan sebuah bola karet di salah satu ujung. pada ujung yang lain menyempit dengan diameter lebih kecil.

Fungsi Pipet Tetes Dan Cara Menggunakannya

Fungsi Pipet Tetes

Alat laboratorium Pipet tetes berfungsi untuk membantu memindahkan cairan dari wadah yang satu ke wadah yang lain dalam jumlah yang sangat kecil yaitu setetes demi tetes. Pemindahan cairan dengan menggunakan pipet tetes memang memakan waktu yang sangat lama apabila yang di pindahkan sangat banyak. Tapi sesuai dengan namanya, pipet tetes hanya di gunakan untuk memindahkah cairan dengan kuantitas yang sangat kecil atau sedikit.

Jadi dapat disimpulkan bahwa Pipet tetes memiliki fungsi untuk membantu memindahkan cairan dari wadah yang satu ke wadah yang lain dalam jumlah yang sangat kecil dari tetes demi tetes. Hal ini penting terutama dalam membantu menepatkan pengukuran larutan dan pada waktu pengenceran.

Cara menggunakan Pipet Tetes

Penggunaan pipet tetes yang tepat adalah dengan menekan bagian karet untuk mengeluarkan udaranya terlebih dahulu sebelum dimasukkan ke dalam zat cair. Apabila Anda menekan bagian karet pada saat pipet di dalam zat cair, maka udara yang keluar dari pipet mungkin saja bereaksi dengan zat cair yang akan diambil.

Cara mengambil larutan / reagen dengan cara menekan karet dibagian atas. Kemudian masukkan ujung pipet kedalam larutan / reagen yang akan diambil, lepaskan karet penghisap dibagian atas saat ujung pipet sudah berada di dalam larutan / reagen. Angkat pipet, kemudian keluarkan perlahan dengan cara menekan kembali karet sesuai yang dibutuhkan, larutan / reagen akan kuluar perlahan berupa tetesan.

Terima kasih sudah berkunjung ke Uraiantugas.com